Kumpulan Abstrak Tugas Akhir

Perpustakaan Fakultas Teknik UGM

Archive for the ‘S2 Teknik Elektro’


Tesis Program Studi S2 Teknik Elektro Perancangan Mobile Application untuk Penanganan Tindak Pidana Pelanggaran Lalu-Lintas Menggunakan Metode Rational Unified Process

Perancangan Mobile Application untuk Penanganan Tindak Pidana Pelanggaran Lalu-Lintas Menggunakan Metode Rational Unified Process

Oleh : Tito Sugiharto, NIM. 11/321995/PTK/07418

Pembimbing: Dr. Ir Abdul Kadir, M.T, M.M, Dr. Ridi Ferdiana,S.T, M.T

2014

Abstrak

Mobile Application dapat digunakan dalam penanganan tindak pidana pelanggaran lalu-lintas untuk mempermudah pendataan dan pelaporan pada proses penanganan yang dilakukan oleh polisi. Dalam proses penanganan tindak pidana pelanggaran lalu-lintas di Polres Kabupaten Kuningan Jawa barat, saat ini masih dilakukan dengan cara yang sederhana menggunakan lembaran kertas. Mobile Application dapat dirancang dengan menggunakan metode Rational Unified Process (RUP). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuat sebuah rancangan Mobile Application yang dapat memberikan layanan dukungan operational otomatisasi penanganan tindak pidana pelanggaran lalu-lintas. Penelitian ini juga bertujuan mengatasi permasalahan pendataan, pelaporan dan otomatisasi dalam proses penanganan tindak pidana pelanggaran lalu-lintas. Diharapkan hasil dari penelitian ini adalah sistem aplikasi yang dapat mengelola pendataan, pelaporan dan otomatisasi penanganan tindak pidana pelanggaran lalu-lintas. Sistem aplikasi yang dibangun dapat menjadi solusi dengan proses otomatisasi pendataan dan pelaporan yang lengkap.

Kata kunci – Mobile Application, Otomatisasi, Tindak Pidana, Polres, Rational Unified Process.

Tesis Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Studi Pemanfaatan SIP (Session Initiation Protocol) Pada Mobile Monitoring Kejadian Abnormal Jaringan Sensor Nirkabel

Studi Pemanfaatan SIP (Session Initiation Protocol) Pada Mobile Monitoring Kejadian Abnormal Jaringan Sensor Nirkabel

Oleh: Andreo Yudertha, NIM. 12/338750/PTK/08205

Pembimbing: Widyawan, S.T., M.Sc.,Ph.D., Ir. Sujoko Sumaryono, M.T.

2014

Abstrak

Jaringan sensor nirkabel (WSN) telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang dalam memonitor gejala-gejala lingkungan. Salah satu aspek yang menjadi persoalan dalam memonitor dengan menggunakan sensor nirkabel adalah intensitas pemantauan yang menuntut pengguna untuk selalu mengamati dari sistem monitoring setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana dan apa saja yang perlu menjadi pertimbangan dalam menerapkan SIP sebagai media penyampaian data sensor nirkabel. Sistem dirancang dengan menerapkan konsep SIP dalam menyampaikan data sensor ke pengguna secara mobile.

Pada penerapan sistem, ada beberapa komponen yang menjadi dasar dalam menerapkan SIP sebagai media komunikasi data sensor, yakni sensor nirkabel, gateway, SIP server, dan smartphone. Pada user agent terdapat aplikasi yang digunakan untuk menerima dan mengirimkan paket SIP. SIP server bertindak sebagai sentral komunikasi antara gateway dan smartphone.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SIP dapat diterapkan dalam menyampaikan data sensor ke pengguna dengan menjadikan gateway sebagai user agent pada arsitektur SIP. Berdasarkan atas prototipe, jumlah dan kapasitas data sensor yang dibuat ke dalam paket SIP akan mempengaruhi jeda waktu kedatangan pesan SIP pada pengguna. Waktu rata-rata kedatangan antar pesan SIP yang didapatkan dengan bandwidth standar pada jaringan 3G adalah sebesar 1.26 detik. Waktu tanggap dengan bandwidth standar pada jaringan 3G rata-rata dari sensor ke smartphone sebesar 3.48 detik dan waktu tanggap rata dari penerimaan hingga penampilan data sensor adalah sebesar 3.4 detik.

.Kata kunci: Mobile monitoring, SIP, Jaringan Sensor Nirkabel

Analisis Dan Implementasi Virtualisasi Data Center Di ICT Center FKIP UNS

Analisis Dan Implementasi Virtualisasi Data Center

Di ICT Center FKIP UNS

Oleh : Puspanda Hatta, NIM. 12/338755/PTK/08206

Pembimbing : Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Warsun Najib, S.T., M.Sc.

2014

Abstrak

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, sebagai salah satu unit kerja (Fakultas) di lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta, memerlukan beberapa sistem informasi untuk mengolah data. Pengelolaan sistem informasi tersebut dipercayakan kepada Unit ICT Center yang bertanggung jawab dibawah birokrasi FKIP UNS. Kebutuhan kompleksitas sistem informasi semakin meningkat, namun penambahan kebutuhan sistem informasi tersebut tidak sebanding dengan ketersediaan perangkat keras server yang ada. Diterapkan sebuah solusi untuk menerapkan sistem informasi tersebut ke dalam sumber daya perangkat keras yang terbatas ini. Solusi tersebut adalah penerapan virtualisasi pada data center FKIP UNS.

Dalam penelitian ini digunakan jenis virtualisasi hypervisor, karena virtualisasi hypervisor memiliki overhead yang lebih rendah daripada virtualisasi yang berjalan diatas sistem operasi. Sedangkan perangkat lunak hypervisor yang digunakan adalah Proxmox VE. Dalam penelitian ini dilakukan uji kinerja dari web server dan dilakukan perbandingan kinerja dari web server dalam lingkungan virtualisasi dan lingkungan fisik. Hasil dari pengukuran kinerja pada web server ini adalah, web server yang berjalan pada lingkungan virtualisasi masih dapat melayani pengguna sama seperti web server yang berjalan pada lingkungan fisik.

Beberapa statistik menunjukkan penurunan kinerja, namun penurunan kinerja tersebut masih dapat diterima karena rata – rata penurunan kinerja hanya sebesar 7,8 % dari kinerja saat web server berjalan pada lingkungan fisik. Selain itu, ICT Center FKIP UNS dapat menghemat pembiayaan server dan perangkat jaringan sampai sebesar 48,11 % untuk pembiayaan server dan 35,134 % untuk pembiayaan perangkat jaringan apabila menggunakan infrastruktur virtualisasi pada data center.

Kata kunci – Data center, ICT Center, Proxmox VE, Virtualisasi

TesisJurusanTeknikElektrodanTeknologiInformasi[1] DeteksiJatuhUntukLanjutUsiaBerbasis Smartphone Android

DeteksiJatuhUntukLanjutUsiaBerbasis Smartphone Android

Oleh: Made Liandana, NIM.12/338650/PTK/08189

Pembimbing: I WayanMustika, S.T., M.Eng., Ph.D.

Selo, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D

2014

Abstrak

Kemampuanfisikdarilanjutusiaakanmenurunseiringdengan proses penuaan, sehinggameningkatkanpotensiterjadinyajatuh. Jatuhpadalanjutusiadapatmemberikandampakserius, sepertilukadanbahkandapatmeningkatkanrisikokematian. Bantuandapatdiberikanlebihcepatjikajatuhdapatdideteksidengansegera. Padapenelitianini, deteksijatuhmemanfaatkan smartphone Android. Besaranakselerasidari sensor accelerometerdiprosesuntukmenghasilkan total akselerasi, jumlahperbedaan total akselerasi, dansudutkemiringan. Jatuhdideteksiberdasarkannilai total akselerasidanjumlahperbedaandari total akselerasi. Sudutkemiringandigunakanuntukmenandaiarahjatuh, apakahjatuhkedepan, jatuhkebelakang, jatuhkesampingkiri, ataujatuhkesampingkanan. Teknikyang digunakanmemilikisensitivity sebesar 83% danspecificitysebesar 90% dari 180 gerakan.

Kata kunci: Lanjutusia, accelerometer, total akselerasi, jumlahperbedaandari total akselerasi, sudutkemiringan

Tesis Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi [1] Perancangan Sistem Kasir Cerdas Berbasis Teknologi Passive RFID pada Pusat Perbelanjaan Grosir

Perancangan Sistem Kasir Cerdas Berbasis Teknologi Passive RFID

pada Pusat Perbelanjaan Grosir

Oleh : Gede Angga Pradipta , NIM. 12/339218/PTK/08310

Pembimbing : I Wayan Mustika S.T.,M.Eng.,PhD.

Selo S.T.,M.T.,M.Eng.,Ph.D.

2014

Abstrak

Meningkatnya jumlah customer pada supermarket terutama pada hari-hari tertentu membuat permasalahan kenyamanan serta efektifitas proses belanja di supermarket. Masalah antrian pada kasir merupakan masalah yang paling terlihat dapat mengganggu kenyamanan customer dan dapat memakan waktu yang cukup lama sehingga efektifitas sistem kasir yang ada akan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki tingkat akurasi dalam medeteksi tag barang pada shopping cart. Sistem pada shopping cart akan dipasangkan degan RFID (Radio frequency IDentifier) reader. Sistem mencatat barang yang dipilih dan menyimpannya pada temporary shopping list. Saat customer telah siap melakukan pembayaran maka sistem shopping cart akan mentransmit data ke server pusat dan pada saat yang bersamaan sistem di kasir membaca tag yang ada pada shopping cart. Sentral server akan mencocokkan kedua data tersebut untuk validasi ke proses pembayaran. Validasi berhasil saat kedua data tersebut cocok dan jika tidak maka sistem akan memberikan warning. Dengan adanya sistem pada shopping cart ini, customer dapat mengontrol dan monitoring jumlah belanjaan saat tag didekatkan pada reader. Data detail tentang barang akan muncul dan akan menjumlahkannya menjadi total pembelanjaan. Fitur tambahan lainnya adalah metode pembayaran yang menggunakan smart card RFID yang berisikan data lengkap dan saldo dari masing-masing customer. Customer tinggal membawa kartu tersebut dan melewati check out counter maka jumlah saldo akan otomatis dikurangi dengan total pembelanjaan. Untuk memudahkan customer dalam mengetahui informasi saldo diimplementasikan teknologi sms gateway sehingga customer mengirimkan request pesan ke server untuk informasi saldo sesuai format yang ditentukan.

Kata kunci : Passive RFID, RFID tag, Kasir, Sms gateway Troli, RFID card.


Tesis Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Rancangan Aplikasi Pemecah Ekspresi Matematika untuk Telepon Seluler yang Mendukung J2ME

Tesis Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

Rancangan Aplikasi Pemecah Ekspresi Matematika untuk Telepon Seluler
yang Mendukung J2ME

Oleh: Iskandar Z. Nasibu, NIM: 08/276176/PTK/05245

Pembimbing: Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D., Dr. Ir. Abdul Kadir, M.T., M.M.

2014

Abstrak

Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan pengembangan aplikasi untuk penerjemahan dan evaluasi ekspresi matematika, dan diimplementasikan pada ponsel yang mendukung platform J2ME dengan profil MIDP 2.0 dan konfigurasi CLDC 1.1. Platform ini banyak didukung oleh pabrikan ponsel, terutama ponsel keluaran lama atau ponsel dengan sumber daya terbatas. Sesuai dengan salah satu fungsi dasar ponsel yakni berkirim pesan singkat, aplikasi ini menangani ekspresi masukan berdasarkan teks, bukan berdasarkan simbol layaknya aplikasi kalkulator ilmiah yang umum untuk ponsel. Cara penulisan ekspresi masukan maupun penamaan fungsi built-in mengikuti cara Microsoft Excel, dengan alasan bahwa banyak orang yang sudah terbiasa menggunakannya. Aplikasi ini memiliki pustaka fungsi yang hampir mencakup seluruh fungsi Microsoft Excel untuk kategori Matematika dan Trigonometri dan sebagian untuk kategori Statistik, serta fungsi untuk perhitungan jarak dan arah antara dua lokasi di permukaan bumi. Aplikasi ini juga dapat menerjemahkan dan mengevaluasi beberapa baris ekspresi sekaligus, mendukung pengelolaan history, mendukung penggunaan dan pengelolaan variabel, serta mampu mengidentifikasi dan melaporkan kesalahan penerjemahan atau evaluasi terhadap ekspresi masukan.

Kata kunci: Penerjemahan, evaluasi, ekspresi matematika, ponsel J2ME

Tesis Jurusan Teknik Elektro Perancangan Sistem Informasi Kemetrologian Untuk Proses Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Melalui Pendekatan Business Process ReengineeringDi Balai Metrologi Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah

Integrasi Sistem Informasi Laboratorium ke dalam Sistem Informasi Rumah Sakit Menggunakan Enterprise Application Integration di RSUD Dr. Moewardi

Oleh : Y. Ipuk Yulianto, NIM 12/340654/PTK/08423

Pembimbing : Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS., CA.Ak, Dani Adhipta, S.Si., M.T.

2014

Abstrak

Kebutuhan informasi yang lengkap dalam sebuah layanan kesehatan sangatlah penting untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat, cepat dan aman. Berbagai layanan kesehatan memiliki keberagaman jenis informasi yang saling mendukung namun masih tersebar pada layanan independen. Keberadaan Sistem Informasi Laboratorium yang mendukung proses bisnis dan komunikasi dengan instrumen diagnostik berperan dalam percepatan pelayanan di laboratorium. Sedangkan Sistem Informasi Rumah Sakit sebagai sistem dengan cakupan yang lebih luas membutuhkan informasi dari laboratorium untuk kepentingan bagian-bagian rumah sakit lain khususnya berhubungan dengan pemeriksaan laboratorium. Integrasi dilakukan antara kedua sistem menggunakan kerangka Enterprise Application Integration dengan message broker/adapter dan metode transfer berkas. Integrasi yang dilakukan dapat memangkas proses pendaftaran dan pengisian hasil yang berjalan pararel serta meningkatkan kecepatan pelayanan.

Kata kunci: Sistem Informasi Laboratorium, Sistem Informasi Rumah Sakit, integrasi, Enterprise Application Integration, message broker, transfer berkas.

Tesis Jurusan Teknik Elektro Perancangan Sistem Informasi Kemetrologian Untuk Proses Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Melalui Pendekatan Business Process ReengineeringDi Balai Metrologi Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah

Perancangan Sistem Informasi Kemetrologian Untuk Proses Pelayanan Tera Dan Tera Ulang Melalui Pendekatan Business Process ReengineeringDi Balai Metrologi

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah

Oleh : Ari Dwi Yulianto, NIM. 12/340624/PTK/08394

Pembimbing : Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, CA. Ak., Addin Suwastono, ST, M.Eng.

2014

Abstrak

Selama bertahun-tahun, pelayanan tera dan tera ulang di Balai Metrologi Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah masih berjalan secara manual menggunakan banyak dokumen kertas. Hal ini menimbulkan beberapa permasalahan administratif dan kesalahan-kesalahan manual yang cukup tinggi. Terjadi kesulitan pada saat ingin mengambil data dan informasi masa lalu serta memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyajikan informasi kemetrologian kepada pimpinan. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem informasi untuk memperbaiki manajemen data dan informasi di Balai Metrologi tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah usulan proses bisnis yang baru dan sebuah usulan rancangan sistem informasi kemetrologian untuk manajemen data dan informasi pada pelayanan tera dan tera ulang di Balai Metrologi. Pengembangan sistem ini disusun dalam kerangka Business Process Reengineering (BPR) untuk menunjukkan aktivitas-aktivitas dalam perubahan proses bisnis organisasi yang terjadi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usulan proses bisnis yang baru dapat memangkas beberapa aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah serta usulan rancangan sistem yang dibuat mampu mewakili fungsionalitas untuk aktivitas pekerjaan yang terjadi di pelayanan tera dan tera ulang di Balai Metrologi. Usulan proses yang baru dengan memanfaatkan sistem informasi ini mampu memenuhi sasaran perbaikan yang diharapkan yaitu mampu membuat proses administrasi menjadi lebih cepat dan mudah, penyajian informasi kemetrologian secara lebih cepat dan akurat, memberi kemudahan dalam mencari data dan informasi masa lalu, dan mampu membuat proses manajemen data dan informasi pada pelayanan tera dan tera ulang menjadi lebih efisien dalam hal penggunaan sumber daya dokumen, SDM, dan waktu penyelesaian pekerjaan.

Kata kunci : Business Process Reengineering, metrologi, perancangan, sistem informasi, tera, tera ulang

Tesis Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Perancangan User Interface Berbasis Web untuk Home Automation Gateway Yang Berbasis IQRF TR53B

Perancangan User Interface Berbasis Web untuk Home Automation Gateway Yang Berbasis IQRF TR53B

Oleh: Theresia Wuri Oktaviani, NIM. 11/323158/PTK/07567Pembimbing: Widyawan, ST., M.Sc., Ph.D., Bimo Sunarfri Hantono, ST., M.Eng
2014
Abstrak

Salah satu cara termudah meminimalkan penggunaan energi listrik adalah dengan cara mematikan peralatan listrik bila tidak digunakan. Peralatan listrik yang umumnya selalu ada di suatu bangunan adalah lampu. Pengontrolan lampu saat ini masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan cara menghidupkan dan mematikan saklar. Di sisi lain, kemajuan teknologi berupa adanya perangkat komunikasi yang semakin canggih dapat membantu mempermudah kehidupan manusia. Teknologi tersebut antara lain teknologi sensor, teknologi wireless, dan teknologi internet. Beberapa teknologi tersebut mempunyai protokol yang berbeda, karena perbedaan protokol tersebut maka diperlukan gateway untuk menghubungkan dan menjebataninya.

Penelitian ini mengajukan perancangan sistem pengontrolan lampu berupa web aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP, yang diperuntukkan bagi pengguna akhir (end user) dengan mengacu pada penelitian sebelumnya yang telah menghasilkan sebuah prototype sistem gateway dengan menggunakan access point. Kemudian web aplikasi ini dievaluasi melalui pengujian kebergunaan (usability testing) berdasarkan lima aspek usability.

Dari hasil pengukuran didapat, waktu tanggap terhadap permintaan rata-rata 1,332 detik untuk proses mematikan dan menghidupkan lampu. Hasil evaluasi web aplikasi ini menunjukkan bahwa nilai penerimaan usability oleh user berada di atas angka 3 (di atas nilai tengah) dalam skala 5 atau memiliki nilai rata-rata 4. Secara umum, web aplikasi yang dibuat telah memiliki nilai usability, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction yang baik.

Kata kunci: web aplikasi, home automation gateway, usability


Master of Electrical Engineering Thesis 2 Simulation Of E-Audit Using Method RAD on Financial Audit in Audit Board ofRepublic of Indonesia

Simulation Of E-Audit Using Method RAD on Financial Audit

in Audit Board ofRepublic of Indonesia

Proposed by : Muhammad Anshari, NIM : 10/309111/PTK/07051

Supervisor: Dr. Ir. SasongkoPramonoHadi, DEA., Dr. RidiFerdiana, S.T., M.T.

2012

Abstract

Implementation of e-audit conducted in Audit Board of Republic of Indonesia (Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, BPK) in 2015. E-audit is an audit technique that combines data center of BPK with the electronic data which is checked by BPK. With the e-audit, BPK can do the recording, processing, exchange, use and monitoring of data sourced from various parties concerned in order to examine the financial management of the state.

The research was done by building a prototype of the portal e-audit is the primary interface used by the team of inspectors and inspection agencies. Development of the prototype using the approach method of Rapid Application Development (RAD). With the prototype portal e-audit, inspection is carried out simulations Local Government Finance Report (LKPD) involving BPK RI Representative DIY Province and local government in the province of Yogyakarta, in order to identify the things that need to be prepared by the BPK RI and Local Government in the implementation e-audit is particularly true in the province of Yogyakarta.

The results showed a variety of aspects must be considered by the BPK and Local Government in the implementation of e-readiness audit portal include e-audit, technical guidance on data access, user guidelines and service information from the BPK. The results of this study can be used by the BPK and local governments in improving the implementation of e-audit preparation, especially regarding the accessibility and functionality of the portal e-audit, the necessary data acquisition mechanism, identification of financial applications that use the local government, the mechanism of the test data as well as the availability of the Standard Operating Procedures (SOP) for each activity the use of e-audit portal.

Keywords— e-Audit, simulation, audit, BPK RI, the local government.